Selasa, 20 April 2010

Tugas 6

1). Banyak istilah yang digunakan untuk menyebut motivasi, sebutkan minimal 5 istilah tsb ?

Jawab :
Banyak istilah yang digunakan untuk menyebut motivasi (motivation) atau motiv, antara lain kebutuhan , desakan , aspirasi, sikap, keinginan dan dorongan. Dalam hal ini akan digunakan, istilah motivasi, yang diartikan sehagai keadaan dalam pribadi seseorang yang mendorong keinginan individu untuk melakukan kegiatan kegiatan tertentu guna mencapai tujuan.

2. jelaskan dan gambarkan model proses teori motivasi?

jawab:Berawal dari kebutuhan, pada dasarnya manusia selalu mempunyai kebutuhan dan dibutuhkan dorongan untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Karena dorongan tersebut manusia akan melakukan tindakan untuk tujuan tersebut, yaitu memenuhi kebutuhannya. Setelah dirasa cukup, manusian tersebut akan merasakan kepuasan. Kemudian kembali lagi kepada kebutuhan yang lainnya.
teori motivasi2

3.Buat dengan tabel perbedaan teori motivasi yang diperkenalkan oleh Mc Gregor,Abraham Maslow,David Mc Celland dan Herzberg?
Jawab:
Mc GregorAbrham MaslowDavid Mc CellandHerzberg
bahwa dua pandangan yang jelas berbeda mengenai manusia, pada dasarnya satu negative (teori X) yang mengandaikan bahwa kebutuhan order rendah mendominasi individu, dan yang lain positif (teori Y) bahwa kebutuhan order tinggi mendominasi individu.faali (fisiologis)
- Keamanan, keselamatan dan perlindungan
- Sosial, kasih saying, rasa dimiliki
- Penghargaan, rasa hormat internal seperti harga diri, prestasi
- Aktualisasi-diri, dorongan untuk menjadi apa yang mampu ia menjadi.
Jadi jika seorang pimpinan ingin memotivasi seseorang, menurut maslow, pimpinan perlu memahami sedang berada pada anak tangga manakah bawahan dan memfokuskan pada pemenuhan kebutuhan-kebutuhan itu atau kebutuhan dia atas tingkat itu.
prestasi (achievement)
- Kekuasaan (power)
- Afiliasi (pertalian)

3 Buat dengan tabel perbedaan teori motivasi yang diperkenalkan oleh mC Gregor

Tidak ada komentar:

Posting Komentar